Pages

Wednesday, October 17, 2012

Sambal Matah Khas Bali


Sambal Matah ini bikinnya sih udah beberapa minggu yang lalu tapi baru sempet dipamerin di blog :p. Bikin sambal ini gara-gara ada kerang rebus sisa kemaren, kebetulan sambal kacangnya udah abis jadi pengen coba variasi sambal yang lain. Rasanya pedes-pedes seger gitu tapi seperti yang sudah saya duga suami ngga suka, karena beliau emang anti sama bawang-bawangan begitu, apalagi mentah, wong numis sayur aja kalo bisa itu bawang-bawangan dihalusin aja bisa ngga ktnya, biar ngga keliatan :p.

Pertama kali dulu makan sambal matah ini ya emang di Bali, jadi deh pas makan langsung terngiang-ngiang musik gamelan Bali gitu *lebaaaayyyy 


Bahan :
  • 3 btr bawang merah, iris tipis
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • 2 buah cabai merah/hijau besar, iris tipis
  • 1/2 bh tomat, potong kotak kecil
  • 50 ml minyak kelapa panas
  • 1 buah jeruk nipis
  • Terasi bakar secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
Cara membuat :
  1. Remas-remas semua bahan yg diiris
  2. Tambahkan terasi, garam dan gula .Aduk rata
  3. Tuang minyak kelapa yang dipanaskan dan tambahkan perasan jeruk nipis.
  4. Aduk rata. Sajikan

    3 comments:

    1. mantaps,,kapan2 saya mau coba,terimakasih atas info n resepnya mbx

      ReplyDelete
    2. Sama-sama mbak Putri, makasih juga udah mampir :)

      ReplyDelete