Pages

Monday, November 12, 2012

Bola-Bola Tempe Keju



Ohhh nooo..udah Senin lagi ajahhh hiksss.....mari kita nge-blog duyuuu hihiiih.......Sabtu kemaren berkreasi didapur berdua Zelo, bikin Bola-Bola Tempe Keju, secara kan bocah yang satu ini tak pernah berhenti makan, tapi karena emak nya ngga bikin cemilan apa-apa beberapa hari ini jadi deh nyemilnya seputaran pisang ambon, biskuit marie regal, cereal, plus Jumat sore kita jajan empek-empek...duuhh kasiannya kamu nak :(

Berhubung liat di kulkas ada tempe, wortel sama keju, jadi deh bikin ini aja, resep ngarang sendiri, takaran pake feeling :p

Bahan :
200 gr tempe, potong-potong, kukus sebentar, haluskan
1 bh wortel ukuran sedang, parut
Keju cheddar secukupnya, potong dadu
Daun bawang secukupnya, iris
Daun seledri secukupnya, iris
2 sdm tepung terigu
1 butir telur
Tepung panir atau bread crumbs secukupnya

Bumbu Halus :

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
merica
garam

Cara Membuat :

Campur semua bahan menjadi satu, kecuali tepung panir/bread crumbs, aduk dan ratakan, bentuk bola-bola atau sesuai selera, isi dengan keju cheddar.
Gulingkan ke dalam tepung panir atau bread crumbs. Simpan di lemari es kurang lebih 1 jam.
Goreng hingga kecoklatan, angkat dan sajikan.

Note : tekstur adonannya agak lengket tapi aku ngga tambah tepung lagi takut keras, gunakan sendok atau scoop ice cream untuk mengambil adonan.


Sekilas info tentang Tempe : 

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".
Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

(source : Wikipedia)

No comments:

Post a Comment